Gejala 12 Minggu Hamil

Memasuki minggu ke-12 kehamilan berarti Anda mengakhiri trimester pertama Anda. Ini juga merupakan waktu dimana risiko keguguran menurun secara signifikan.

Jika Anda belum mengumumkan kehamilan Anda kepada keluarga, teman, atau rekan kerja Anda, ini mungkin waktu yang tepat untuk "memberi tahu besar."
Perubahan dalam tubuh Anda

Anda mungkin masih bisa masuk ke pakaian biasa Anda, tetapi mereka mungkin lebih nyaman daripada sebulan lalu. Mungkin sudah waktunya untuk membeli beberapa baju hamil sehingga Anda bisa menghindari pakaian yang konstriktif.

Biasanya, berat badan hingga titik ini hanya sekitar 2 kilogram. Apa yang menyebabkan jeans Anda sedikit berbeda hari ini adalah cara lain yang disiapkan tubuh Anda untuk menggendong bayi Anda. Rahim Anda, misalnya, berkembang pesat. Dokter Anda mungkin bisa merasakan rahim Anda di perut bawah Anda sekarang.
Bayimu

Minggu ke-12 adalah saat perubahan besar bagi bayi Anda. Mereka sekarang sekitar tiga inci panjang dan berat sekitar 1 ons. Organ seks eksternal mereka seharusnya muncul sekarang atau segera karena peningkatan aktivitas hormon. Jari dan jari kaki bayi Anda tidak berselaput lagi, dan kuku mulai berkembang. Mata mereka akan bergerak lebih dekat satu sama lain minggu ini dan ginjal mereka dapat mulai memproduksi urin.

Pada minggu ke 12 mereka mengembangkan refleks kompleks, seperti mengisap. Bayi Anda mungkin juga mulai bergerak secara spontan minggu ini, meskipun Anda mungkin tidak akan merasakannya sampai minggu 16 hingga 22.
Pengembangan kembar pada minggu ke 12

Pita suara yang akan digunakan bayi Anda untuk menangis dan coo bersiap-siap untuk berkembang minggu ini. Ginjal mereka juga berfungsi sekarang. Bayi Anda memiliki panjang sekitar 3 inci, dan beratnya masing-masing sekitar satu ons.
12 minggu gejala hamil

Anda mungkin masih mengalami beberapa gejala sebelumnya seperti mual, tetapi gejala pada minggu ini dapat meliputi:

    penambahan berat badan
    pigmentasi kulit meningkat, juga dikenal sebagai melasma
    areola gelap di sekitar puting
    payudara lunak atau nyeri

Pigmentasi kulit

Lonjakan hormon menghasilkan semua jenis perubahan dalam tubuh Anda. Salah satunya adalah peningkatan pigmentasi. "Topeng kehamilan" adalah kondisi yang dikenal sebagai melasma atau chloasma. Ini mempengaruhi sekitar setengah dari wanita hamil, dan menghasilkan bintik-bintik hitam muncul di dahi dan pipi Anda.

Bintik-bintik ini biasanya hilang atau meringankan segera setelah melahirkan.
Payudara berubah

Areola Anda cenderung menjadi lebih gelap pada tahap kehamilan Anda ini. Nyeri atau nyeri payudara dapat berlanjut hingga trimester kedua.

Kiat untuk bantuan:

    Bra yang pas bisa membantu, tetapi pastikan ukurannya pas. Memakai bra yang sudah terlalu ketat akan membuat Anda lebih tidak nyaman.
    Paket es, daun kubis yang dingin, atau kantong kacang polong beku di dada Anda saat Anda berbaring juga dapat menawarkan beberapa bantuan.
    Carilah produk-produk menenangkan payudara kecil yang diisi silikon yang dapat Anda simpan di lemari es dan kenakan di dalam bra Anda.

Hal yang harus dilakukan minggu ini untuk kehamilan yang sehat

Karena berat badan Anda bertambah karena kehamilan, Anda harus lebih memperhatikan diet Anda untuk memastikan Anda tidak mendapatkan terlalu banyak. Terlalu banyak penambahan berat badan dapat menyebabkan komplikasi seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, dan nyeri di punggung dan kaki Anda. Membawa banyak berat badan ekstra juga dapat menyebabkan kelelahan yang lebih besar.

Juga, jangan hindari makan. Jika Anda belum mulai mengikuti diet seimbang setiap hari, cobalah mengakhiri trimester pertama Anda dengan catatan yang sehat. Makan makanan yang kaya buah dan sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks. Hindari junk food. Sebaliknya, makan makanan ringan seperti yogurt dan buah kering, yang mengandung protein, kalsium, dan mineral.

Mintalah saran kepada dokter Anda, atau berbicara dengan ahli diet. Dan jika Anda belum melakukannya, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengonsumsi vitamin prenatal.

Jika pola makan Anda yang biasa tidak sehat sampai saat ini, sekarang adalah waktunya untuk membuat perubahan. Anda dan bayi Anda membutuhkan berbagai nutrisi untuk melewati sisa kehamilan Anda.

Kulit Anda juga menjadi lebih sensitif. Untuk membantu mengurangi efek “masker kehamilan”, pastikan untuk memakai tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap kali Anda berada di luar, dan memakai topi bisbol atau topi untuk membantu menjaga agar sinar matahari terlepas dari wajah Anda jika Anda berada di luar ruangan untuk waktu yang lama periode.

Minggu ke-12 dapat menjadi saat yang tepat untuk mulai melakukan latihan Kegel untuk memperkuat otot vagina Anda. Ini dapat membantu pengiriman dan pemulihan setelah kelahiran. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan latihan Kegel, bicaralah dengan dokter Anda. Anda juga dapat belajar tentang latihan-latihan ini jika Anda berpartisipasi dalam kelas persalinan.
Kapan memanggil dokter Anda

Risiko keguguran menurun menjelang akhir trimester pertama, tetapi penting bagi Anda untuk memperhatikan tanda peringatan yang dapat menunjukkan masalah. Ini termasuk:

Ini termasuk:

     berdarah dengan kram
     bercak yang berlangsung selama tiga hari atau lebih
     sakit parah atau kram yang berlangsung sepanjang hari

Pada titik ini Anda akan tahu seperti apa rasa mual di pagi hari (bahkan jika itu adalah mual ringan yang dialami sepanjang hari). Jika Anda tiba-tiba mengalami mual yang parah dan muntah lebih dari dua atau tiga kali sehari, segera hubungi dokter.
Mendorong perkembangan

Bagi banyak wanita, minggu ke-12 kehamilan adalah saat gejala morning sickness mulai berkurang atau bahkan hilang. Jika Anda merasa sangat lelah selama trimester pertama, Anda mungkin mulai mendapatkan kembali energi Anda pada tahap ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar