Rasa Metalik di Mulut Anda Selama Kehamilan

Selama kehamilan, masuknya hormon bertanggung jawab untuk sejumlah perubahan. Hormon-hormon ini juga dapat menyebabkan gejala yang tidak diinginkan, terutama selama trimester pertama.

Meskipun mual dan kelelahan adalah gejala kehamilan yang paling umum, beberapa wanita juga mengalami perubahan dalam rasa. Ini sering digambarkan sebagai rasa "pahit" atau "metalik".

Jika Anda merasa seperti memiliki koin lama di mulut Anda, perubahan sensorik dari kehamilan mungkin harus disalahkan.
Perubahan sensorik dan kehamilan

Ketika Anda hamil, kadar estrogen dan progesteron meningkat untuk membantu tubuh Anda mempertahankan bayi yang sedang tumbuh. Sementara hormon tentu diperlukan, mereka juga berkontribusi terhadap perubahan gejala dalam tubuh.

Ini terutama berlaku selama trimester pertama saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan kehamilan.

Bagi sebagian wanita, kehamilan membawa perubahan selera makan dan preferensi makanan. Anda mungkin memiliki keinginan yang kuat untuk cokelat, acar, atau keripik yang tidak Anda miliki sebelumnya. Pelajari lebih lanjut tentang mengidam kehamilan di sini.

Atau barangkali beberapa makanan yang dulu Anda sukai terasa mengerikan selama kehamilan. Dalam kasus-kasus terburuk, beberapa makanan dapat menimbulkan perasaan mual di pagi hari.

Perubahan sensorik dari kehamilan juga dapat meninggalkan rasa yang tidak biasa di mulut Anda. Salah satu yang umum adalah rasa logam yang terkenal.
Apa yang ada di balik rasa logam?

Morning sickness, yang menyebabkan muntah, adalah kekhawatiran umum selama trimester pertama. Anda mungkin juga mengalami perubahan sensorik lain selama waktu ini, termasuk yang memengaruhi bau dan rasa. Perubahan hormon dianggap menyebabkan kondisi yang disebut dysgeusia pada beberapa wanita hamil.

Dysgeusia mengacu pada perubahan rasa. Secara khusus, itu dapat menyebabkan mulut Anda untuk mencicipi:

    metalik
    asin
    dibakar
    tengik
    busuk

Studi menunjukkan bahwa dysgeusia umumnya lebih buruk pada bagian pertama kehamilan, dan membaik menjelang akhir. Ada banyak penjelasan medis untuk dysgeusia selain kehamilan. Ini mungkin termasuk:

    mengambil vitamin atau suplemen
    obat over-the-counter (OTC) dan resep
    pilek atau infeksi di mulut
    mulut kering
    diabetes
    radang gusi
    penyakit ginjal atau hati
    perawatan kanker atau kanker
    logam berat atau paparan kimia dengan peralatan atau tambalan gigi tertentu

Jika Anda tidak memiliki masalah medis di atas, maka dysgeusia kemungkinan besar dianggap jinak. Namun, ini harus dievaluasi oleh dokter, terutama jika Anda memiliki gejala yang mengganggu atau baru selain rasa logam.

Dysgeusia sendiri tidak secara langsung mempengaruhi perubahan dalam ketagihan atau keengganan makanan Anda. Tapi itu bisa membuat beberapa makanan terasa pahit atau tidak enak. Ini adalah kasus dengan makanan yang meninggalkan aftertastes, seperti yang dibuat dengan pemanis buatan. Air mineral juga bisa meningkatkan cita rasa logam di mulut Anda.

 Menyingkirkan rasanya

Secara medis, tidak ada perawatan yang dapat menghilangkan rasa logam yang Anda alami dalam kehamilan. Namun, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan efek dysgeusia. Perubahan pola makan yang bisa Anda buat meliputi:

    mengambil permen bebas gula atau mengunyah permen karet tanpa gula
    makan barang-barang yang lebih dingin seperti es serut dan es muncul
    ngemil pada biskuit asin untuk mengurangi rasa logam apa pun
    makan makanan pedas untuk mematikan rasa aneh
    mengkonsumsi makanan dan minuman asam, seperti acar dan apel hijau
    minum jus jeruk
    memilih makanan yang direndam dalam cuka

Anda juga dapat memilih sendok garpu plastik di atas alat pemotong logam. Tetap terhidrasi dengan baik dengan asupan cairan juga dapat membantu mencegah mulut kering.

Kebersihan mulut juga bisa sangat membantu dalam menjaga rasa tidak enak (dan menjaga gusi dan gigi tetap sehat). Selain menyikat gigi dan menggosok gigi, Anda bisa menyikat lidah Anda dengan lembut untuk membantu menyingkirkan rasa logam yang tersisa.

Obat kumur yang lembut atau air garam juga bisa membantu.
The takeaway

Sementara dysgeusia dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasar pada sebagian orang, itu tidak mungkin menjadi perhatian ketika disebabkan oleh kehamilan. Rasa logam yang dialami oleh banyak wanita hamil tidak berbahaya, dan biasanya tidak bertahan untuk seluruh kehamilan.

Seperti banyak gejala kehamilan lainnya, dysgeusia pada akhirnya akan hilang dengan sendirinya.

Jika Anda tidak tahan dengan rasa logam, diskusikan perubahan pola makan dan pengobatan lainnya dengan dokter Anda. Ini sangat penting jika rasanya sangat buruk sehingga Anda kesulitan untuk makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar